Kamis, 22 Desember 2022

Tugas pertemuan 14

 Implementasi dan Pemelihara


  1. Implementasi Perangkat Lunak
  • Penerapan software reuse adalah salah satu solusi untuk permasalahan ini. Software reuse adalah penggunaan kembali segala hal pada perangkat lunak menggunakan resource dan domain knowledge sebelumnya yang memiliki nilai reusability atau merancang suatu perangkat lunak yang baru dengan prinsip reusability.
  • Manajemen konfigurasi perangkat lunak (SCM), sering disebut juga manajemen perubahan (change management), adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengelola perubahan dengan mengidentifikasi produk/hasil kerja yang kemungkinan besar akan mengalami perubahan, membuat hubungan di antara mereka, menentukan mekanisme untuk mengelola berbagai versi produk kerja tersebut, mengendalikan perubahan yang terjadi, dan mengaudit dan melaporkan perubahan yang dilakukan\

  • Produksi PL biasanya tidak dijalankan pada komputer yang sama dengan lingkungan pengembangan PL. Pengembangan pada satu komputer (sistem host) dan dijalankan pada komputer yang terpisah (sistem target).

    2. Peliharaan
    
        Kategori pemeliharaan perangkat lunak
  • Korektif adalah perbaikan program akibat adanya kesalahan 
  • Adaptif adalah penyesuaian dengan lingkungan yang baru, seperti penerapan pada platform di lingkungan yang baru, format tampilan printer, dll 
  • Perfective terjadi pada saat pengguna sistem atau stakeholder merubah requirement dari sistem yang dibangun 
  • Preventif berhubungan dengan prediksi yang akan datang, seperti penggunaan anti virus untuk keamanan data, back-up data dan program

        Pemeliharaan korektif
  • Pekerjaan pemeliharaan sistem harus dilakukan terlebih dahulu di lingkungan pengujian, dan kemudian dimigrasikan ke operasional sistem.
  • Situasi terburuk adalah kegagalan sistem. Jika keadaan darurat terjadi, tim pemeliharaan mencoba memperbaiki masalah dengan segera, sementara permintaan sistem tertulis disiapkan dan ditambahkan ke log pemeliharaan.
  • Ketika sistem beroperasi kembali, tim pemeliharaan menentukan penyebabnya, menganalisa masalah, dan mendesain solusi permanen. Kemudian memperbarui file data, menguji sistem secara menyeluruh, dan menyiapkan dokumentasi lengkap.

        Pemeliharaan Adaktif
  • Pemeliharaan adaptif menambahkan peningkatan pada operasional sistem dan membuat sistem lebih mudah digunakan berupa peningkatan fitur baru/perubahan. 
  • Misal: layanan baru, teknologi manufaktur baru, atau dukungan untuk operasi berbasis web baru. 
  • Pemeliharaan adaptif membutuhkan lebih banyak sumber daya departemen IT daripada pemeliharaan korektif.
  • Pemeliharaan adaptif bisa lebih sulit daripada pengembangan sistem baru karena penyempurnaan harus bekerja dalam batasan sistem yang ada/baru.

        Pemeliharaan Perfektif
  • Melibatkan perubahan operasional sistem agar lebih efisien, dapat diandalkan, dan dapat dipelihara.
  • Permintaan untuk pemeliharaan korektif dan adaptif biasanya berasal dari pengguna, sedangkan departemen IT biasanya memulai pemeliharaan perfektif. 
  • Pemeliharaan perfektif dapat meningkatkan keandalan sistem. Misalnya, masalah input dapat menyebabkan program berhenti secara tidak normal, sehingga diperlukan program yang dapat menangani masalah tsb. 
  • Semakin banyak program berubah, semakin besar ketidakefisienan dan sulit dipertahankan.

        Pemeliharaan Preventif
  • Untuk menghindari masalah, pemeliharaan preventif membutuhkan area analisis dimana masalah mungkin terjadi. 
  • Pemeliharaan preventif menghasilkan peningkatan kepuasan pengguna, downtime yang menurun, dan pengurangan biaya. 
  • Pemeliharaan harus dilayani oleh teknisi yang ahli sehingga kualitas pemeliharaan akan langsung mempengaruhi keberhasilan organisasi.

    3. Pemeliharaan Manajemen

1. Systems Administrator Bertanggung jawab untuk pemeliharaan rutin dan berwenang mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari keadaan darurat. Seperti kerusakan server, pemadaman jaringan, insiden keamanan, dan kegagalan perangkat keras. 

2. Systems Analyst Bertugas menyelidiki dan menemukan sumber masalah dengan menggunakan keterampilan analisis dan sintesis. Analisis: memeriksa keseluruhan unsur-unsur individu. Sintesis: mempelajari bagian-bagian untuk memahami keseluruhan sistem. Pemeliharaan Manajemen (Lanjutan) 

3. Programmer 
  • Programmer aplikasi bekerja pada pengembangan dan pemeliharaan sistem baru.
  • Programmer sistem berkonsentrasi pada perangkat lunak dan utilitas sistem
  • Programmer basis data fokus pada pembuatan dan dukungan sistem basis data skala besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas 2 Architecture Enterprise

Nama :Derry Subakti Ilham NIm :17200200 Kelas : 17.6A.01 PERTEMUAN 2 Arsitektur Enterprise a. Architecture Governance (Tata Kelola Arsitektu...